Kamis, 16 Juni 2016

BUDAYA, MAKANAN, DAN CIRI KHAS LAMONGAN

Assalamualaikum Wr. Wb…
Hallo man-teman. Aku mau cerita dikit yaa.. Aku dari Lamongan nih. Ada yang dari Lamongan? Ada nggak? Ada? Pasti ada, hehe. Nah, aku mau cerita tentang budaya-budaya yang ada di Lamongan, juga makanan dan ciri khasnya. Oke cuss.. Chekck it out!

Kalau berbicara tentang budaya, pasti banyak banget ya macam-macam budaya. Aku mulai dengan budaya pernikahan. Di lamongan itu terbilang aneh, kalau biasanya pasangan yang mau menikah adalah lelakinya yang melamar ke perempuannya. Tapi kalau di Lamongan harus perempuannya yang melamar (masa iya cewek melamar cowok? Hellowww, hehe). Ini bermula dari, pada zaman dahulu, ada dua Putri kembar Kerajaan yang meyukai dua Pangeran kembar, nah kedua Putri ini jatuh cinta pada pandangan pertama dengan kedua Pangeran kembar itu. Akhirnya kedua Putri itu mendesak ayahnya untuk melamarkan ke kedua Pangeran kembar itu, walaupun itu dianggap melanggar norma. Tradisi itu akhirnya menjadi tradisi turun-menurun di daerah Lamongan.
Di Lamongan juga masih banyak upacara-upacara adat, seperti upacara meminta kusuburan. Hal ini karena ditemukannya Lingga Yoni di daerah sekitar Laren, Lamongan. Selain itu ada juga tarian-tarian daerah dari Lamongan, Tari Boran, Tari Mayang Madu, Tari Turonggo Solah, Tari Caping Ngancak,Tari Silir-silir dan Tari Sinau. Tapi yang paling menonjol adalah Tari Mayang Madu.
Okey, next.. Tentang makanan khas dari Lamongan. Banyak loh man-teman makanan khasnya. Soto Lamongan, Nasi Boran, Tahu Campur, Pecel Lele, Siwalan, dan Wingko. Yang pasti makanan khas Lamongan dijamin halalan thayyiban. Makanya, yuk buru datang ke Lamongan, hehe.
Nasi Boran. Sumber
Soto Lamongan. Sumber
Next, ciri khas dari Lamongan. Di lamongan banyak wisata-wisata menarik, man-teman. The most popular adalah WBL alias Wisata Bahari Lamongan yang berada di Kecamatan Paciran. Eh, tapi wisata lainnya juga popular kok, hehe, misalnya Maharani Zoo and Goa di Paciran, Waduk Gondang di Lamogan bagian selatan, Pemandian Air Panas Brumbun di Paciran. Nah, kalau wisata bersejarah ada Museum Sunan Drajat, kecamatan Paciran dan Monumen Van Der Wijk, di kecamatan Brondong. Sedangkan wisata religi ada Makam Sunan Drajat, Makam Sendang Duwur, dan Makam Dewi Sekardadu.
Wisata Bahari Lamongan. Sumber
Nah, bagaimana man-teman, pasti tertarik kaan mengunjungi kota terkenal Lamongan, hehe. Yuk-yuk datang yak e Lamongan, Jawa Timur, Indonesia. Sekian… Sampai bertemu man-teman. Love-love..

1 komentar:

  1. Apa ciri khas dan informasi menarik tentang budaya makanan Lamongan dalam artikel di blog Hanun Ashfa pada Juni 2016?
    Regard Telkom University

    BalasHapus